Ada Apa Dengan Facebook

Ada apa dengan Facebook?

by: Hasto Suprayogo

screenshot facebook.com

screenshot facebook.com

Apa yang begitu istimewanya dengan Facebook hingga banyak sekali orang sekarang ketika berkenalan dengan orang baru, alih-alih menanyakan no telp, mereka tanya sudah punya Facebook belum.

Mark Zuckerberg - pembuat Facebook.com

Mark Zuckerberg - pembuat Facebook.com

Facebook, sebuah situs social networking buatan Mark Zuckerberg ini bak magnet yang menyedot lebih dari 150 juta pengguna, dan terus bertambah. Awalnya dbuat hanya untuk komunitas mahasiswa Harvard University, kini penggunanya meluas dari berbagai kalangan, mahasiswa, pekerja, profesional, ibu rumah tangga, dan sebagainya. Pokoknya Anda berusia di atas 13 tahun–atau atau at least mengaku seperti itu–Anda bisa mempunyai acc Facebook ini.

Di luar semua fasilitas yang ada di Facebook, secara esensial ia adalah sebuah situs social networking. Sebuah wahana interaksi sosial, di dunia maya. Anda bisa terkoneksi dengan berbagai orang di sana, melakukan berbagai hal, mulai dari menampilkan profil diri, menampilkan foto & video, memposting notes (tulisan), membuat & atau bergabung dengan berbagai grup, melakukan chat dan banyak lagi.

Poin paling penting di sini adalah interaksi sosial. Kenapa ini penting, karena lewat Facebook, dan juga situs2 social networking lainnya, Anda bisa berhubungan dengan “orang-orang” lain. Cuman, di sini Anda tak perlu susah-susah bertemu langsung secara fisik dengan orang bersangkutan. Cukup akses acc Facebook Anda, dan silahkan ngobrol, kasih komentar, kirim hadiah, atau main game bareng.

Blackberry

Blackberry

Fonemona lain yang menyertai booming Facebook adalah maraknya orang pake PDA untuk mengaksesnya. Ini hal yang kadang bikin ketawa juga. Banyak teman, kemana-mana menenteng Blackberry. Bukan apa-apa, bukan punya karena mereka sebegitu sibuknya dengan email-email kantor yang musti dibalas di manapun mereka berada, tapi karena Facebook semata.

Agak konyol tapi nyata, banyak sekali teman yang bawa BB kemana-mana hanya untuk bisa mendapatkan update aktifitas kontak-nya di Facebook. Pastinya yang senang tak hanya mereka yang saling update konten Facebook, tapi produsen BB, provider telco pengedia layanan akses internet dan banyak lagi.

Hmm……ga heran juga jika ada operator telco yang sampai membundling BB dengan produknya dengan harga yang tak bisa dibilang “murah”. Tapi ya mau gimana lagi, itulah harga yang musti dibayar untuk sebuah hubungan sosial.

yahoo messenger

yahoo messenger

Oh ya, yang juga patut dicermati adalah, kecenderungan orang untuk bisa dengan mudahnya menampilkan status message di profil Facebook-nya. Bukan apa-apa, menampilkan status message adalah fitur yang relatif lumrah di berbagai situs social networking, bahkan hingga program Instant Messaging, seperti Yahoo Messenger!, GTalk, AIM dan sebagainya.

Namun di Facebook, ketika seorang mengupdate status message-nya, semua kontak-nya akan mendapatkan notifikasi melalui News Feed  juga lewat email. Nah, fitur macam ini bisa dibilang bak pisau bermata dua. Menguntungkan maupun merugikan, tergantung perpektif Anda.

status message facebook

status message facebook

Menguntungkan, karena secara real time, kontak Anda bisa mengetahui kondisi Anda–biasanya status message di FB berisi informasi mengenai apa yang dilakukan, atau dirasakan yang bersangkutan.

Di sini lain, hal ini bisa jadi merugikan Anda. Karena menjadikan orang lain mengetahui informasi yang terkadang sifatnya terlalu personal–kecenderungan orang untuk mengupdate status message dengan “curhatan”. Dan juga ketidaksadaran para pengguna Facebook bahwa kontak yang mereka miliki di Facebook tidak semuanya eligible enogh untuk mendapatkan informasi personal macam itu.

Bayangkan aja seperti ini, Anda seorang pekerja di suatu perusahaan–karena banyak sekali pekerja profesional yang sign up di Facebook. Acc Facebook Anda terhubung dengan acc Facebook boss, anak buah, rekan, klien, suami, istri, saudara, teman kuliah, mantan pacar, selingkuhan, teman kenal di jalan, orang asing dan sebagainya.
Hey, wake up, Anda membuka berbagai informasi pribadi yang mungkin sifatnya confidential.

Tapi ya mau gimana, Facebook memberi apa yang semua orang butuhkan. Pengakuan diri, perhatian orang lain, hasrat narsisme…blablabla….

Satu poin saja yang musti Anda sedikit pahami, membuka diri berarti siap menerima konsekuensi, bahkan jika itu di dunia maya.

Ok, selamat ber-Facebook ria….Bayangkan dari segala jenis kontak sosial Anda itu sama-sama mendapatkan update informasi status Anda…apa yang bakal terjadi? Apalagi jika update status message Anda bersifat personal, let’s say Anda sedang kesal dengan pekerjaan, apa kata boss Anda bakalnya?

Simple, but it’s real.

Memang, di Facebook kita bisa mengatur bagaimana orang bisa mengakses profil kita. Bahkan jika pun seorang telah jadi kontak kita, tidak serta merta dia bisa melihat profile kita secara penuh–jika kita menghendaki & mengaturnya. Namun, kembali, kadang kita kurang ngeh akan halhal seperti ini. Maka lihatlah, berapa banyak orang yang bisa mengetahui no handphone Anda, alamat email, alamat rumah bahkan, nama suami/istri, wajah anak-anak Anda dan sebagainya.

Hey, wake up, Anda membuka berbagai informasi pribadi yang mungkin sifatnya confidential.

Tapi ya mau gimana, Facebook memberi apa yang semua orang butuhkan. Pengakuan diri, perhatian orang lain, hasrat narsisme…blablabla….

Satu poin saja yang musti Anda sedikit pahami, membuka diri berarti siap menerima konsekuensi, bahkan jika itu di dunia maya.

Ok, selamat ber-Facebook ria….

———————————-
Update
Barusan nemu info mencengangkann di Cnet. Berikut kutipannya:

Nineteen-year-old Craig Ramsden left a simple message on his Facebook wall: “I’m twisted at home. My head’s up my ****. I feel like killin some1 need to stay off the hard stuff ha —- it it’s Saturday ha.”

Then he went out to a bar in Bolton, U.K., and stabbed 31-year-old Paul Gilligan to death.

On Wednesday, he was sentenced to at least 17 years in jail, the same number received last week by another Englishman, Edward Robinson, for murdering his wife after she changed her Facebook status to “single.”

Yang pertama seorang remaja Inggris berusia 19 tahun menulis status message tentang tekanan jiwa yang dihadapinya, yang membuat dia ingin membunuh seseorang. Beberapa waktu kemudian dia melaksanakan niatnya dengan menusuk seorang pria di bar di Bolton, Inggris.

Kabar kedua masih tentang seorang pria asal Inggris yang membunuh istrinya karena dia menemukan istrinya mengubah status-nya di Facebook menjadi “single”.
Wow? Shocking isn’t it?

Lebih detail, simak beritanya di sini:

Semoga tak ada berita serupa di Indonesia yah…atau di manapun juga.

One thought on “Ada Apa Dengan Facebook

  1. SEbelumnya thanks lho….
    waduh… emang bahaya banget ya…
    kok sepertinya teknologi justru membuat kita teralienasi dari dunia nyata…?

    Dan herannya, orang2 justru bangga dengan itu?
    banyak orang yang bangga saat mereka dijadiin objek dan produk kapitalisme…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s