Selamat Jalan Kawan

Farewell My Friend

Sebuah kabar menyentakkanku. Seorang kawan datang dan bilang, “Sudah dengarkah kau kabar. Karibmu meninggal dunia. Kanker otak merenggutnya.”
Sejenak tak mampu aku berkata-kata. Diam, tercenung, kosong menatap luar jendela.
“Benarkah?”
“Ya, kemaren aku menyambangi tempatnya dia tak ada. Kawannya berkata dia kolaps beberapa waktu sebelumnya, opname 3 hari tanpa daya, divonis kanker otak akut, dan Tuhan merengkuhnya kembali ke pelukan-Nya.”

————————-

Dia karibku kala kuliah. Kawan pertama yang kukenal di hari pertama kumelangkah masuk kampus. Kawan berbagi suka duka, kawan berdebat sekaligus bercanda tawa. Kawan berbagi impian, harapan, kisah-kisah percintaan & kegalauan. Dia kawan yang melengkapi perjalananku di masa itu.

Lama kami tak sua. Apalagi setelah aku tinggalkan kota itu. Tak ada kabar, kecuali sesekali aku menyambangi tempatnya menyambung hidup. Sebagai perantau, dia musti bekerja. Mencari makan, sekaligus membiayai kuliahnya yang lama tertunda karena apa dan apa. Perjuampaan-perjumpaan kami singkat, kadang hanya sempat berucap apa kabar, lalu selamat tinggal.

Tapi kehangatan itu masih ada. Aku masih bisa merasakan semangat hidupnya. Impiannya yang menggejolak saat bercerita. Harapannya guna merentas masa depan serta kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang diraihnya ditengah kesendirian.

————————-

Meski tak percaya, apa mau dikata. Dia telah pergi membawa semua itu dalam lelap tidurnya yang panjang. Semoga Yang di Atas memeluknya lebih erat dari semua yang pernah mengenalnya. Semoga dia temukan kebahagiaan, ketenangan & ampunan di tempatnya yang baru.

Selamat jalan kawan, doaku menyertaimu. Istirahatlah di sana.

————————–
* in memoriam of Antonius Budi Mayanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s