Indonesia VS Malaysia

Ada apa dengan hubungan Indonesia – Malaysia?

Jarang sekali dua negara bertentangga ini bisa akur. Mulai dari jaman Soekarno dengan kampanye Ganyang Malaysia, hingga perkara TKI, pencurian hasil hutan, asap kebakaran, dan yang terakhir ini masuknya kapal perang Malaysia ke perairan Ambalat di wilayah Indonesia.

Apa yang salah dengan hubungan diplomatik kedua negara yang mengaku serumpun ini? Apa seperti juga laiknya dalam keluarga, saudara pasti saling berkonflik? Ada saja perkara yang jadi sengketa. Siapa salah siapa benar pastinya susah dirunut kalau sudah begini.

Orang Indonesia bilang Malaysia gemar memprovokasi. Malaysia mencuri hasil bumi, menganiaya TKI, menjiplak hasil budaya Indonesia dan sebagainya. Orang Malaysia pasti punya sanggahan sekaligus klaim kebenarannya sendiri.

Balik lagi ke kasus masuknya kapal perang Malaysia ke perairan Indonesia, berdasarkan laporan TV One, telah sering terjadi. Dalam sehari bisa sampai 3 kali kapal perang tersebut masuk ke wilayah perairan Indonesia. Biasanya kapal perang Indonesia yang berpatroli di sana akan menghalau.

Satu hal yang aku tak habis pikir adalah, kenapa hanya menghalau. Hanya menghampiri untuk kemudian kapal Malaysia berbalik arah. Begitu kapal Indonesia pergi mereka akan kembali lagi.

Kenapa tak ada tindakan tegas. Kapal asing, apalagi kapal perang, masuk ke perairan Indonesia, kenapa tak ditembak saja. Ada apa dengan TNI AL kita. Takutkah mereka dengan Malaysia? Tak punya senjatakah untuk menyerang? Tak ada nyali kah untuk mempertahankan integritas wilayah perairan negara sendiri?

Jika masalahnya adalah perkara hukum, maka kasat mata TNI AL punya hak karena kapal asing telah melanggar batas teritorial negara kita. Tak perlu takut karenanya. Klo perkaranya adalah senjata, mustinya tak ada problem. Selama ini kita tak pernah benar-benar tau kekuatan militer Indonesia jika dikonfrontasi dengan negara lain. Pernah dengar berita kalau pesawat sukhoi ternyata terbang patroli tanpa membawa senajata. Mungkin hal sama juga terjadi pada kapal perang Indonesia yang berpatroli. Kapalnya ada, senjatanya kosong. Makanya tak bertindak apa saat kapal asing masuk ke wilayah kita.

Atau mungkin soal mental?

Tau lah….apapun itu, tak semestinya kita berdiam saja melihat kapal asing masuk wilayah perairan Indonesia. Lihat saja seperti apa perlakuan negara lain terhadap orang asing yang masuk wilayahnya secara ilegal. Lihat bagaimana banyak nelayan Indonesia yang secara tak sengaja masuk wilayah perairan Australia ditangkap bahkan ada yang sampai dipenjara. Itu saja orang sipil. Yang ini jelas-jelas militer, dengan menggunakan kapal perang, kenapa didiamkan?

Negri ini butuh terapi. Rehabilitasi mental untuk membuatnya bangkit kembali. Percaya diri dan berani tegak menatap bangsa lain. Sejatinya bangsa atau negara sama saja dengan orang. Jika diiamkan akan kurang ajar. Harus ditunjukkan bahwa mereka tak bisa seenaknya main-main di rumah kita.

One thought on “Indonesia VS Malaysia

  1. Bagaimana hukum dan peraturan negara tercinta ini tentang perbatasan terutama dengan malaysia, sering melakukan pelanggaran yang disengaja masuk wilayah NKRI tanpa menghormati kedaulatan bangsa ini, berilah suatu tindakan yang keras dan nyata seperti tembakan peringatan bahkan hancurkan kendaraan malaysia yang masuk wilah RI biar bangsa ini punya harga diri tidak di sepelekan malaysia itu.
    SARAN :
    Untuk bangsa ini, marilah kita mencintai bangsa kita dengan bersikap, bertidak sesuai butir2 pancasila, bersatulah indonesiaku demi anak cucu kita, agar lebih sejahtera.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s