Graphic & Web Design Ebook

contoh ebook desain grafis

contoh ebook desain grafis

Salah satu cara untuk belajar desain adalah dengan memperbanyak referensi. Buku desain banyak beredar di toko buku, cuman sayangnya, hampir sebagian besar buku desain di Indonesia berkisar pada panduan teknis menggunakan software desain, atau tutorial desain. Jarang yang membahas mengenai konsep atau filosofi desain. Akibatnya, banyak desainer Indonesia yang kuat secara teknis, namun secara konseptual relatif lemah–terutama mereka yang baru terjun di dunia desain atau yang baru lulus dari kampus.

situs download ebook berbayar

situs download ebook berbayar

Mau tak mau, buku-buku dari luar yang musti kita jadikan referensi lanjutan. Nah, jika bicara tentang buku desain dari luar, hal pertama yang umum terbersit adalah mahalnya harga buku tersebut. Pasti di atas ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bukan hal yang mudah untuk mengeluarkan dana segitu “hanya” demi sebuah buku.

Kita bisa siasati dengan mencari versi ebook-nya. Ebook adalah versi elektronik dari sebuah buku, dimana konten yang sama dikemas secara digital sebagai dokumen yang bisa dibuka di komputer atau sejenisnya menggunakan software pembaca ebook, seperti Adobe Acrobat Reader.

Banyak situs di internet yang menawarkan berbagai ebook secara gratis. Di sini penulis tidak akan membicarakan sisi legalitas formal dari membaca/mengunduh ebook lewat situs-situs tersebut. Beberapa pihak akan bilang hal itu ilegal, namun banyak pula yang berapologi–termasuk penulis–bahwa demi pengetahuan, membaca atau mengunduh ebook bisa dibenarkan selama tidak diperjualbelikan. Let’s skip this part, ok?

Salah satu situs yang memungkinkan kita mengunduh ebook secara gratis adalah 4Shared.com. Bagi Anda yang banyak berkecimpung di dunia maya, nama 4Shared tentunya tak asing lagi. Termasuk salah satu situs penyimpanan file terwahid, kita bisa menemukan hampir apa saja di sana. Tidak hanya ebook, namun juga file music (mp3), video &  foto/image.

Mulailah dengan membuka situs 4Shared.com dengan mengakses alamat http://www.4shared.com pada browser Anda. Penulis menyarankan Anda menggunakan Mozilla Firefox atau Opera karena memungkin untuk meresume file download jika proses unduh yang dilakukan putus di tengah jalan.

Anda akan mendapatkan tampilan seperti terlihat di bawah ini.

halaman utama (home page) 4shared.com

halaman utama (home page) 4shared.com

Anda tak perlu daftar menjadi member jika hanya ingin mencari & mengunduh file yang ada di sana. Cukup perhatikan bagian Search Files yang ada di bagian sebelah tengah kanan halaman.

Search Files

Search Files

Yang harus Anda lakukan hanya memasukkan kata kunci (keyword) file yang mau Anda cari. Semisal, kita ingin mencari ebook mengenai Graphic Design, maka cukup ketikkan “graphic design” di sana, kemudian klik tombol Search yang ada di samping kanannya.

Maka Anda akan dapatkan hasil pencarian seperti terlihat di Gambar berikut ini.

hasil pencarian "graphic design"

hasil pencarian "graphic design"

Secara default, 4Shared akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan popularitas file bersangkutan. Jadi, yang ada di urutan paling atas adaalah file yang paling banyak didownload.

Ok, sekarang coba klik salah satu file hasil pencarian tersebut. Sebagai contoh, penulis mengklik file “Design and Graphics – Digital Image Processing.pdf“. Anda bisa lihat bahwa file tersebut berukuran 20.354Kb atau sekitar 20Mb.

file dokumen yang akan didownload

file dokumen yang akan didownload

Begitu Anda klik link tadi, maka jendela baru akan terbuka dan menampilkan halaman file bersangkutan dengan detail infonya. Simak Gambar di bawah ini.

halaman detail dokumen

halaman detail dokumen

Perhatikan bahwa terdapat sebuah tombol Download Now. Klik tombol tersebut guna mendownload file bersangkutan. Ada baiknya, sebelumAnda memutuskan untuk mendownload, Anda baca terlebih dahulu informasi yang ada di dokumen tadi, juga komentar user-user lain yang telah mendownload. Semisal mengenai kualitas ebook-nya, ada tidaknya virus atau password dan sebagainya. Jika semua dirasa ok, klik tombol Download Now.

Begitu Anda klik Download Now, Anda akan dibawa ke halaman donwload. Namun sebelumnya, Anda akan lihat bahwa 4Shared melakukan penghitungan mundur (countdown) selama beberapa detik sebelum menampilkan link download-nya. Seperti nampak di Gambar berikut.

Countdown link

Countdown link

Tunggu hingga hitungan mundur selesai, kemudian Anda akan lihat link Click here to download the file, seperti ditunjukkan Gambar di bawah ini.

link download dokumen 4shared

link download dokumen 4shared

Klik link tersebut, dan browser Anda akan memunculkan pop-up menu lokasi penyimpanan file, seperri terlihat di Gambar berikut.

pop-up menu penyimpanan file download

pop-up menu penyimpanan file download

Klik Ok, maka proses pengunduhan akan segera dimulai.

proses download file

proses download file

Tunggu hingga proses pengunduhan selesai. Jik sudah selesai, maka Anda akan dapatkan file ebook tadi di folder lokasi penyimpanan file downlad seperti nampak di Gambar di bawah ini.

file hasil download

file hasil download

Nah, sekarang silahkan dibuka dan dibaca ebook-nya.

buka file hasil download

buka file hasil download

Silahkan dicoba sendiri, dan semoga bermanfaat.

PS. Mohon jika mendownload file apapun di 4Shared dan situs sejenisnya, tidak diperjualbelikan.

2 thoughts on “Graphic & Web Design Ebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s