8 thoughts on “Betapa Menyedihkannya Logo Baru Telkom

  1. Sekarang kecenderungannya logo semakin simpel. Bukan masanya lagi logo dibuat berbelit-belit biar terkesan banyak makna.

    Selain itu, saya kira logo baru ini cukup simpel diingat masyarakat. Justru, saya lebih memperhatikan Pertamina, Indosat, dan Telkom setelah mereka berganti logo.

  2. kalo aku liat malah kaya anak kecil lg pake topi coboy tuuh hihihi,,,,
    mas,, tulisannya kok rasanya masih koma ya,,, endingnya itu lhoo hihi..

    anyway ngmgn ttg logo,, kok muahall banget ya,, kl aku jd dir telkom mending aku bikin lomba aja buat sluruh karyawan nya utk kompetisi bikin logo,, pasti filosofinya lebih kentel karna mereka sendiri yg create,, mrk sendiri yg emg ud ngerti value2 n culture perusahaan,, dan sense of belongingya akan lbh kuat,,, trus gausah lah pake budget segitu,, dikasi rumah dg harga 500jt aja pasti org akan kasih ide logo yg terbaik buat telkom…

  3. saya juga berpikir demikian, betapa memprihatinkannya logo baru Telkom, sayang. Apalagi yang membuatnya adalah agency besar yang worldwide. Saya waktu awal kali melihatnya (tanpa melihat tulisan Telkom Indonesia), saya pikir malah logo Food Industries, tinggal nambahin cucuk udah mirip ayam,😛

  4. menurut saya bukan hal yang berlebihan jika telkom ingin melakukan rebranding.terlebih mengingat bahwa telkom hendak melakukan repositioning. brand adalah komoditas di era sekarang, ini lebih saya anggap sebagai sebuah investasi. merujuk pada design dengan konsep the world in your hand. saya berharap telkom akan berdikari dalam tagline na ini dengan konsisten dalam melakukan IMC. kata world sendiri saya anggap sebagai perwujudan dari ambisi telkom. saya harap kita benar – benar bisa menggengam dunia. perihal biaya, memang sedikit disayang kan jika kita menilik pada biaya, akan tetapi biarkan saja ini menjadi beban kepada telkom sebagai sebuah perusahaan, agar mereka terpacu untuk mendapatkan profit lebih (tentunya dengan pelayanan yang baik) brand value bukan hal yang mustahil untuk diraih oleh telkom.
    saya ucapkan terima kasih atas tulisan nya, sungguh membuka mata.
    mohon maaf jika saya menyinggung, saya juga hanya ingin mengemukakan pendapat, sebagai seorang mahasiswa yang mendalami ilmu marketing.
    best regards

  5. Kenapa harus jauh2, orang indonesia sanggup berimaji lebih dari itu.
    kenapa ga percaya sama bangsa sendiri ye….
    tinggal bikin lomba di negeri sendiri. apa susahnye…..

    GARUDA DI DADAKU

  6. kadang saya heran dengan cara berfikir orang2 telkom.sepertinya kurang menghargai disainer grafis kita,kenapa harus buang-buang uang bermilyar-milyar ke negeri orang untuk sebuah logo yang hanya begitu, sedang meraupnya justru di Indonesia.Alangkah mubazirnya dan kurangnya rasa nasionalisme

  7. logo telkom seperti orang mau berpisah. dada….. lagian mahal nian. coba kalo dibuat di 99design pasti dapat logo lebih bagus dan sangat-sangat murah

  8. Telkom memang masih belum menghargai insan creative di dalam negri…apa memang mereka nggak percaya ide yang lebih ‘wow’ yg kita miliki? kasihan banget harus mengeluarkan anggaran sebanyak itu. Coba lihat PT. Kereta Api indonesia yang baru2 ngadain lomba desain logonya sendiri untuk menggantikan logo mereka yang lama.

Leave a Reply

